Quranic Quotient (QQ)

Saturday 21 May 2011 0 comments
Bismillah....
Assalamualaikum kawan....

Haduh, kapan pula nih bisa update blog di laptop sendiri. Hahaha, bukan dari mana asalnya tapi yang penting ada tulisan baru. let's Check it out...


Quranic Quotient (QQ)

Mungkin kita sudah biasa mendengar kata IQ (Intelligence Quotient), EQ (Emotional Quotient) dan SQ (Spiritual Quotient). Nah sekarang ada yang baru neh, nggak baru juga sih tapi mungkin masih sangat jarang di dengar yaitu Quranic Quotient (QQ)

Kehubungan antara IQ, EQ dan SQ, adalah Kecerdasan otak berguna untuk memecahkan masalah-masalah (problem solving) yang kita hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Kecerdasan hati berguna untuk menyikapi pengaruh eksternal terhadap kenyamanan diri kita. Adapun kecerdasan ruh berguna untuk mensikapi pengaruh internal terhadap ketentraman diri kita. Kenyamanan dari pengaruh eksternal yang ditimbulkan oleh kecerdasan hati (EQ), dan ketentraman dari pengaruh internal yang dihasilkan oleh kecerdasan ruh (SQ), akan mengoptimalkan proses problem solving yang dilakukan oleh kecerdasan otak (IQ).

Bagaimana cara membangun ketiga kecerdasan itu? Apa dari IQ lalu EQ kemudian SQ? Mari di cek ayat-ayat berikut. 

Ini permintaan dari Nabi Ibrahim A.S. "Ya Tuhan kami, bangkitkan di kalangan mereka rasul dari kalangan mereka yang membacakan atas mereka ayat-ayat Engkau dan yang mengajarkan kitab dan hikmah serta mensucikan mereka. Sesungguhnya Engkau Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana". QS Al Baqoroh ayat ke 129. Keterangan: SQ, IQ, dan EQ
Dan ini jawaban dari Allah "Sebagaimana telah kami utus pada kalian seorang rasul dari kalangan kalian yang membacakan atas kalian ayat-ayat kami dan mensucikan kalian serta mengajarkan kepada kalian al-kitab dan hikmah dan mengajarkan kalian apa-apa yang kalian tidak ketahui QS Al Baqoroh ayat ke 151. Keterangan: SQ, EQ, dan IQ.

Dapat di simpulkan bahwa permintaan Nabi Ibrahim A.S. tentang SQ, IQ, dan EQ namun Allah menjawab bahwa urutannya SQ, EQ, dan IQ

Nah jadi poin yang di dapat, Sudah semestinya kita membangun kecerdasan dengan membangun SQ terlebih dahulu, kemudian sambil terus dibangun SQ kita bangun EQ-nya, dan sambil membangun SQ dan EQ kita bangun IQ-nya. itulah QQ.

Yang diukur dalam QQ ada 2 (dua) yaitu tingkat kesabaran dan tingkat kesyukuran. Mengapa? Karena KESABARAN dan KESYUKURAN merupakan KEAJAIBAN bagi manusia. Dan keajaiban itu hanya MILIK MUKMIN.

QQ telah merangkum ketiga bagian yang terpisah yaitu IQ, EQ, dan SQ. Jadi tunggu apa lagi kawan untuk membangun kecerdasan dapat kita bangun dengan hanya membaca Al-Qur’an dan mempelajari isi Al-Qur’an. Semoga bisa menjadikan kita umat muslim yang luar biasa dengan pemnbangunan karakter yang luar biasa pula.

Mungkin Itu saja kawan yang bisa aku bagi kali ini. Semoga bermanfaat ya kawan. 

Wassalamualaikum... :)

0 comments:

Post a Comment

 

©Copyright 2011 Gubuk Derita | TNB