Antara Wortel, Telur, dan Kopi

Friday 9 December 2011 0 comments
Assalamualaikum,
Apa sih hubungannya wortel di tambah telur pake kopi? Bisa jadi sop wortel yang di tabur potongan telur yang sajikan bersamaan dengan kopi hitam yang pait. Kalo ngomongin makanan emang bisa aja dah, tapi sekarang bahasannya bukan tentang makanan yang akan kita olah dengan ketiga bahan tersebut.

Sebelumnya ini merupakan perumpamaan yang di ucapkan seorang senior kepada saya makhluk yang super duper polos yang terjun dalam organisasi kampus. Cukup unik apa yang di katakan, "Tipe orang itu ada tiga jenis yang bisa di umpamakan sebagai wortel, telur, dan kopi". Tipe disini dimaksudkan seseorang dalam bergaul dan berorganisasi.

Bermula dari tipe yang pertama yaitu WORTEL. Jika suatu wortel di rebus maka wortel tersebut akan mengalami perubahan fisik. Ya, wortel yang awalnya keras akan menjadi lembek. Bisa di tarik kesimpulan jika seseorang yang menjadi tipe wortel tersebut memiliki pribadi yang keras namun ketika ia terjun dalam suatu lingkungan dia akan menjadi pribadi yang lemah.

Kemudian tipe berikutnya yaitu TELUR. Rebuslah suatu telur itu seperti wortel, maka dia yang awalnya lembek atau bahkan cair dalamnya bisa menjadi keras bukan? Bayangkan jika seseorang yang lembek tiba-tiba menjadi keras. Apa yang akan terjadi, seharusnya organisasi atau dalam suatu lingkungan itu tidak merubah sifat asli kita.

Dan inilah tipe yang terakhir yaitu KOPI. Tipe inilah yang seharusnya bisa kita ambil, Kopi ketika direbus akan memberikan warna tersendiri. Dia tidak berubah bentuk tapi memberi warna pada lingkungannya. Jadilah seperti kopi yang akan memberi warna ketika ia berada di suatu lingkungan.

Kamu adalah kamu yang mempunyai warna sendiri dalam suatu lingkungan, Jadi bukan biarkan warna mu itu dirasakan oleh orang lain, bukan menjadi berubah seperti bukan diri kamu. Tetaplah menjadi pribadimu. Karena warna berbeda dari kamu akan memperkaya lingkungan disekitar kamu.

Wassalam, :)

0 comments:

Post a Comment

 

©Copyright 2011 Gubuk Derita | TNB